Minggu, 07 Juni 2020

Review Buku Atomic Habits



Penulis: James Clear

PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Cetakan ke-4 (September 2019 - Januari 2020)
Tebal Buku: 340 halaman
No ISBN : 978-602-06-3317-6

Salah satu dari keempat buku yang saya beli pada bulan Mei lalu dan kenapa saya memutuskan untuk membeli buku dengan genre self improvement bukan karena saya sedang depresi. Sedih ketika kamu membaca seusatu yang galau kemudian orang lain langsung men-judge bahwa sedang dalam masalah. bukan seperti itu boy sistem kerja kita. Apa yang kita baca merupakan entertaiment dan lebih ke kita melihat dunia dari beragam sudut pandang.

Bayangkan jika satu dunia ini seragam tanpa adanya perbedaan ? apa hidup akan asik ? tentu saja tidak. Berbeda bukan berarti kita tidak mau saling mengenal atau menghargai, Justru perbedaan tujuannya untuk sebaliknya. Pada akhir Mei kemarin kita dihebohkan dengan berita kematian George Floyd dengan isu rasisme yang ada di Amerika. Berberapa oknum polisi yang menagkap salah seorang berkulit hitam George Floyd yang dimana menyebabkan nyawa nya hilang.

Setelah kejadian itu, seluruh dunia heboh tentang isu rasisme yang masih ada. Berlangsung selama berberapa hari, demo besar-besaran yang mengakibatkan banyak korban, penjarahan, kebakaran, perusakan fasilitas, dan lain-lain sangat sedih untuk didengarkan. Saya sangat berduka cita atas korban dan saya sangat menolak keras terhadap rasisme di berbagai tempat tidak terkecuali di negri sendiri yang selalu saja hal serupa selalu dibungkam.

Buku ini berjudul Atomic Habits yang memiliki arti kebiasaan kecil yang merupakan daripada sistem yang lebih besar. Mungkin maksudnya, dari hal yang kecil akan membawa dampak yang besar. Karena buku ini sudah dialih bahasakan jadi terkadang makna perkata menjadi kurang pas. Jadi bagi yang ingin membaca saya sarankan dengan bahasa aslinya dan jika keterbatasan tidak pandai dalam bahasa asing seperti saya mungkin menjadi solusi, tapi di barengi dengan koresi kata perkata  ketika membacanya agar makna nya lebih mudah di pahami.

Pada bab pertama kita akan diberikan pemahaman apa itu Atomic Habits dan buku ini membuat mindset tentang perubahan dalam perilaku manusia. karena disini akan diperkenalkan tentang lapisan perubahan (hasil, proses, dan identitas) yang masing-masinyanya akan memberikan pengaruh berbeda jika tidak sesuai dengan apa yang ditulis James Clear.

Buku ini memperlihatkan bagaimana cara kerja kebiasaan yang kita lakukan baik atau buruk. Dari sistem kerja kebiasaan dalam Atomic Habits ada 4 proses menurut Charles Duhigg (petunjuk (cue), gairah (carving), tanggapan (respon), ganjaran (reward)). Dan dari cara kerja tersebut akan berdampak pada perubahan perilaku, perilaku ini nantinya akan mengarak ke baik atau buruk tergantung masing-masing orang. Inti buku ini mengajarkan pada kita untuk:
  • Membangun sistem untuk mendapatkan 1% lebih baik setiap hari.
  • Menghentikan kebiasaan buruk Anda dan melaksanakan kebiasaan baik.
  • Menghindari kesalahan umum yang dilakukan kebanyakan orang saat mengubah kebiasaan.
  • Mengatasi kurangnya motivasi dan kemauan.
  • Mengembangkan identitas yang lebih kuat dan percayalah pada diri sendiri.
  • Dan yang paling penting, bagaimana menerapkan ide-ide ini dalam kehidupan nyata.
Dari penjelasan singkat diatas cara kerja ini yang nantinya akan dibahas satu-satu, bagaimana membuat kebiasaan baik terlihat, membuat menjadi menarik, menjadi mudah, dan menjadi memuaskan. Jadi apa kita harus mencoba membuat kebiasaan baru kemudian kita menghilangkan kebiasan buruk yang ada dalam diri kita? mending di pikir sendiri-sendiri.


Tidak ada komentar:

emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.