Kamis, 09 Mei 2019

Taman Fatmawati Wonosobo

    Taman Fatmawati merupakan taman yang memiliki fungsi seperti halnya taman-taman lain di perkotaan. Taman yang terletak di Jl. Banyumas, Tawangsari Indah, Tawangsari, Kecamatan wonosobo, Kabupaten wonosobo, Jawa tengah memiliki luas 3 hektar yang dimana hanya 1 hektar saja yang di gunakan sebagai taman. Taman yang dibuka pada tahun 2015 oleh Bapak Bupati Wonosobo, yang hingga kini masih terpelihara dengan baik. Dari segi bangunan, fasilitas, dan tanaman yang ada didalamnya.
Desain taman merupakan perpaduan arsitektur tradisional dan arsitektur modern. Ekspos gapura berbentuk candi dataran tinggi Dieng memberikan impresi tersendiri terhadap icon lokal. Taman dirancang dengan menerapkan konsep aktif, produktif dan mandiri, yakni:
-       Aktif, yaitu berfungsi sebagai ruang terbuka publik yang mampu memenuhi kebutuhan aktivitas pengunjung, baik tempat rekreasi, bermain, bersantai, berolah raga, pertunjukan seni budaya dan berinteraksi sosial ataupun memiliki fungsi ekologis menyerap polusi dan air hujan.
-       Produktif, yaitu sebagai lahan produksi bagi kebutuhan tanaman dengan membangun tempat pembibitan sehingga pergantian jenis-jenis tanaman dapat dilakukan secara berkala.
-       Mandiri, yaitu taman dapat memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa bergantung dan menjadi beban anggaran pemerintah kabupaten melalui management dan pengelolaan setempat seperti produksi pembibitan tanaman, retribusi daerah (parkir), penyewaan fasilitas untuk kepentingan umum dan kepentingan komersial (gathering dan expo).

Jenis landscape Taman Fatmawati
Taman Fatmawati jika dilihat dari pola bentuk tamannya sendiri, taman ini termasuk kedalam jenis taman Europe pada abad pertengahan yang dimana memiliki ciri-ciri yang dapat diidentikan seperti, bentuk pola taman yang simetris, tamanan yang hasil dari bentukan (tanaman di bentuk sedemikian rupa sehingga memiliki bentuk yang sama), dan memiliki muka tanah teras yang naik. Dari berberapa ciri dari taman Europe tersebut menjadi analisa bagi penulis dalam menentukan jenis lanskap yang ada pada Taman Fatmawati.


Jenis tanaman dan objek yang ada di Taman Fatmawati
No
Jenis Tanaman
Gambar
1
Cemara udang

2
Kamboja (Plumeria)

3
Pinus atau tusam
4
Bakung (lilium)

5
Furcraea
6
Palem kuning atau putri (Dypsis lutescens)
7
Pucuk merah
8
Lidah mertua
9
Rumput gajah mini (pennisetum purpureum)

10
Rembusa mini
11
Brokoli kuning
12
Monstera
Taman Fatmawati memiliki berberapa objek yang mengisi taman, objek-objek itu sendiri meniliki berberapa kegunaan yang dapat digunakan. Objek-objek itu antara lain berupa tanaman yang  90% hampir mengisi taman tersebut dan bangunan (paviliun, mushola, tempat pembibitan, ruang menyusui) yang dapat di gunakan bagi pengurus maupun masyarakat luas.
Kesan landscape terhadap pengguna
Sumber: Dokumen Pribadi
Taman Fatmawati yang berada di Jl. Banyumas, Tawang Sari ini merupakan taman yang dapat di akses siapa saja, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Bagi para penyandang disabilitas taman tersebut masih bersahabat, ketika memasuki taman jalan yang di sediakan terdapat ramp, texture lantai yang berbeda sehingga dapat menjadi jalan penentu yang mengarahkan seseorang ke arah taman. Adapun kesan impresi pada bagian gapura taman yang terdapat gapura yang berbentuk Candi Dataran Tinggi Dieng sehingga taman tersebut memiliki pembeda dari taman-taman yang lain.
Fasilitas yang disediakan bagi pengguna ruang sendiri memiliki berberapa diantaranya lapangan parkir yang luas, yang dimana terdapat tempat parkir sepeda. Mushola yang dapat di akses oleh masyarakat, tempat pembibitan tanaman yang hanya dapat di akses oleh pengurus, ruang menyusui.Dari berberapa fasilitas yang ada didalam taman memberikan kemudahan bagi masyarakat, sehingga ketika menggunakan area terbuka ini dapat nyaman dan memberi kesan yang positif bagi pengguna.
Kelebihan dan kekurangan Taman Fatmawati di Kota Wonosobo
Kelebihan dari adanya Taman Fatmawati di Kota Wonosobo
-       Memberikan ruang terbuka hijau yang dimana dapat menjadi tempat untuk rekreasi, bermain, dan olahraga masyarakat Kota Wonosobo.
-       Penghijauan kota yang umumnya gersang dan tidak ada ada tumbuhan.
-       Menambah nilai estetika pada sebuah lingkungan, sehingga menjadi daya tarik.
-       Dapat menjadi media pembelajaran anak-anak tentang macam-macam jenis tanaman.
-       Sebagai tempat untuk hidup margasatwa (binatang, seperti burung, reptil kecil, dan serangga).
-       Fasilitas yang tersedia lengkap (seperti tempat menyusui, tempat pembudidayaan tanaman, mushola).
-       Terdapat ramp pada akses masuk taman, sehingga penyandang disabilitas tetap dapat memasuki taman.
Kekurangan Taman Fatmawati di Kota Wonosobo
-       Letak lokasi yang kurang stategis.
-       Tidak adanya informasi tentang tanaman yang ada di taman, yang seharusnya dapat menjadi nilai edukasi bagi para pengunjung.
-       Sedikitnya tempat duduk, sehingga pengunjung kurang leluasa didalamnya.
Penjelasan landscape yang bertautan atau bertentengan dengan referensi baik jenis maupun prosesnya



Tidak ada komentar:

emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.